Maandag 25 Maart 2013

Cara Membedakan Bedak yang mengandung Merkuri


Beberapa waktu lalu nonton program Reportase Investigasi di TransTV. Itu loh program yang selalu mengungkap tentang kecurangan-kecurangan produsen/pedagang dalam mendapatkan keuntungan. Waktu itu lagi ngebahas tentang Bedak tiruan yang banyak beredar di Pasaran. Disini aku gak akan membahas tentang bedak tiruan itu tapi tentang bedak yang mengandung merkuri, karna pas di program itu dikasih tau gimana cara mendeteksi bedak yang baik dan tidak mengandung merkuri.



Merkuri atau air raksa (Hg) merupakan logam berat yang sering digunakan dalam bahan kosmetik sebagai pemutih. Walaupun cuma dioleskan pada kulit, merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah dan merusak system saraf dan berbahaya untuk otak, ginjal dan liver (google). Disini aku gak akan bahas tentang bahaya merkuri panjang lebar ya..  Kalo ada yang masih kurang jelas dengan bahaya merkuri googling aja.. hehee

Jadi dikasih tau sama Reportase Investigasi cara mendeteksi bedak yang menggunakan merkuri cukup gampang. Hanya butuh bedak yang mau di tes *iyalah* dan emas, disini aku menggunakan cincin emas heheh.

                                                                        Cincin Emas

dan beberapa sampel bedak yang aku punya. Buat compare juga sekalian hehee..

Bedak yang akan di coba


Cara Kerja
Oleskan bedak yang akan di punggung tangan tebal-tebal biar keliatan hasilnya. Terus gosokan emas pada bedak tadi. Beberapa saat setelah di gosok-gosoknya, bedak yang mengandung merkuri akan menghasilkan warna keabu-abuan sampai hitam tergantung banyak tidaknya konsentrasi merkuri yang terkandung di dalamnya. Berikut hasilnya.



                                                                       Hasilnya


Huwaaa..bedak yang sering aku pake (1) mengandung merkuri !! Sodara kandungnya juga (2). Sedangkan bedak buat biang keringat (3), bedak (4) dan bedak (5) tidak mengandung merkuri karna tidak ada warna hitam atau keabuan yang dihasilkan. Huhuhu...padahal bedak no (1) dan no (2) itu kan lumayan mahal. Yang mahal tak selalu bagus sodara-sodara. Malah bedak lokal kayak no 3 dan no 4 malah aman-aman aja.

Setelah tau itu, aku gak make bedak no 1 dan no 2 lagi. Masih banyak padahal. Apalagi yang no 2 baru juga beberapa kali di pake. Di anggurin dah, mo kasih orang kasian orangnya. Yah dari pada kenapa-kenapa. Balik make bedak no 4 atau sambil nyari yang bagus n' aman aja lah.. Hehee.. Kesehatan tetap harus yang diutamakan. Karna kesehatan itu anugrah banget :) Jadi walopun pengen cantik, kesehatan harus tetap yang utama girls. 

Jadi bagi kamu yang punya bedak, ayo coba tes kandungan merkurinya dan share disini yah. Mungkin kalo sekarang masih belum terasa efeknya, iya soalnya dia kan gak langsung bereaksi tapi numpuk dulu di dalem tubuh, setelah banyak baru dah kerasa. Jadi kayak bom waktu gitu.. hiiiy..

So, be Beautifull and keep Healthy :) 


PS: Postingan ini dibuat bukan untuk menjelek-jelekan suatu brand, karna itu nama di samarkan :)

1 opmerking: